Home » » 10 cms best in the world

10 cms best in the world

Written By Unknown on Senin, 14 Januari 2013 | 16.48


 
Ada yang tahu berapa jumlah CMS yang telah tersedia di dunia (maya)? Saya sendiri tak bisa menebak. Mungkin ada sekitar puluhan bahkan ratusan! Kemarin saya browsing di google mencari kesana dan kemari, ternyata ada banyak sekali! Ada yang versi free alias gratis dan ada juga yang premium alias berbayar. :amazed:
Sekedar  berbagi info bagi yang belum tahu, CMS adalah singkatan dari Content Management System atau sistem manajemen konten. Atau bahasa mudahnya : semacam software yang di rancang untuk memudahkan kita dalam menginstal program ke server, mengkofigurasikan sistem, dan memasukan data dan informasi sehingga jadilah yang namanya website. :hihi:
Website yang ada sekarang adalah website yang sudah berkembang sangat maju ketimbang masa-masa sekitar tahun ’90 an. Dimana pada masa itu website di buat hanya menggunakan kode-kode HTML yang sangat sederhana dan bsrsifat statis. Setiap penambahan postingan / tulisan harus di buat dahulu kode HTMLnya sekaligus kode-kode untuk mendesain tampilan. :D
Beda dangan sekarang yang segala sesuatunya, baik menambah postingan, mengubah tampilan, atau mengedit thema menjadi sangat mudah. karena sistem manajeman konten ini telah memisahkan bagian tampilan dan konten isi website.
Apa saja CMS yang ada itu? Berikut saya posting 10 CMS terbaik hasil analisis saya sendiri, yang boleh Anda coba.. :D
Siapa yang tak mengenal WordPress? CMS terbaik ini telah begitu familiar di seluruh dunia. Anda mungkin salah satu pemakainya. WordPress mulai di luncurkan pada tahun 2003 dari ide briliant Matt Mullenweg dengan bit kode tunggal. Kini wordpress di bangun dengan bahasa PHP dan Mysql. Tampilan interface yang user friendly, mudah di gunakan dan pengembangannya yang selalu ter-update membuat wordpress menjadi CMS yang paling di gemari di dunia.
image
Kalau di indonesia, Radiant mungkin sangat sedikit penggunanya. Tapi kalau di luar pendukungnya sangatlah banyak. Sistem interfacenya juga sangat mudah di pahami. Radiant CMS di bangun dengan bahasa ruby. Radiant CMS juga sudah menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang memudahkan kita menuliskahan artikel dengan tambahan tool-tool editor.
image

Drupal adalah sebuah CMS yang peminat dan komunitasnya cukup banyak. CMS Drupal sangat simple tapi terkenal dengan ketahanan dan securitynya yang sangat kuat. Drupal lahir dari tangan seorang Dries Buytaert sekitar tahun 1998-1999 dengan pemrograman PHP dan Mysql. Sejak di luncurkan menjadi open source tahun 2001 Drupal mulai menampakkan kejayaannya karena tiap orang boleh dan bisa mengembangkan kode sumber scriptnya.
CMS Drupal tidak menyertakan editor WYSIWYG dalam instalasinya tapi kita bisa mendapatkan editor tersebut dengan menambahkan modulnya tersendiri.
Seperti Drupal, joomla! juga memiliki peminat dan komunitasnya tersendiri. Bagi yang pemula, tampilan backendnya mungkin terasa sangat rumit karena terlalu banyak sekali menu dan tool yang muncul di halaman admin. Tapi bagi yang telah terbiasa menggunakannya, Joomla! justru menjadi CMS yang paling mudah untuk di kostumisaikan dan sangat powerfull.
Joomla! lahir dari tangan Formerly Miro yang awalnya bernama Mambo Open Source pada tahun 2000. Perjalanannya sangat panjang, sampai pada tahun 2005 di ambil alih oleh organisasi NonProfit dan namanya di ganti menjadi Joomla!
SilverStripe adalah CMS yang memiliki fitur yang sangat lengkap dan mampu melakukan apa saja yang anda inginkan. silverStripe di bangun dengan PHP dengan kerangka Sapphire sehingga bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan. SilverStripe juga memiliki banyak dukungan gratis dan dokumentasi yang lengkap bagi para pengembang. SilverStripe di luncurkan pada November 2006 oleh beberapa orang team yang ahli di bidang OpenSource.
Modx CMS adalah CMS yang bisa di bilang sangat bagus dan kuat. Selain tampilan backendnya mudah di pahami juga fungsi Quickedit front end editingnya yang sangat membantu. Pada Modx juga juga sangat simple dan bersahabat dengan SEO. Memiliki templete variable (TVs) yang memudahkan kita dalam mengkustom tampilan. Modx pertama kali di luncurkan pada tahun 2004.
image
TextPattern adalah salah satu CMS yang menggunakan UI tab pada backend adminnya sehingga terlihat simple dan minimalis. Menurut banyak pengguna, ini adalah CMS yang paling cepat loadingnya. Sayangnya Textpattern tidak memiliki editor WYSIWYG yang lengkap, tapi cukup mudah sekali dalam mengedit konten termasuk bagi para pemula.
Textpattern awalnya hanya sebuah situs pribadi dari dari seorang Dean Allen yang di luncurkan pada tahun 2001. Textpattern memiliki banyak sekali kelebihan yang tak di miliki CMS lainnya. Kini versi terbarunya adalah versi 4.3.0
image
Menurut pembuatnya, ini adalah CMS yang paling simple yang pernah ada. Tak perlu banyak waktu untuk mempelajarinya. Template CMS made simple bisa di buat hanya dengan kode CSS, hampir sama dengan templete yang di gunakan blogspot. Made Simple memakai XHTML dan CSS yang bersih dan cepat loading sehingga banya orang yang menyukainnya. CMS Made Simple lahir dari tangan 14 orang yang mereka sebut “Dev Team” pada juli 2004. Versi terbarunya adalah Versi 1.9
image
Expression Engine adalah salah satu CMS yang bisa di bilang cukup kuat dalam hal keamanan dan securitynya. EE ini juga memiliki banyak sekali dukungan untuk setiap fungsi yang kita butuhkan, baik yang ada di dalam paket inti maupun melalui modul atau plugin. Sayangnya Expression Engine ini adalah CMS premium alias berbayar. Harganya $99.95 untuk pribadi dan $249.95 untuk lisensi komersial. Ada juga versi Core gratis tapi hanya untuk situs non komersil.


Ada yang tak mengenal Aura CMS? Ini adalah CMS terbaik buatan anak bangsa. Kita harusnya bangga karena Indonesia juga bisa menciptakan CMS yang hampir setara dengan produk luar. Yah meskipun masih banyak kekurangannya tapi semoga banyak para developer dan pengembang yang selalu memperbaikinya.
Aura CMS pertama kali di luncurkan pada pertengahan 2003. Kini Aura CMS telah memiliki versi terbaru yaitu versi 2.30
Demikian 10 CMS pilihan yang boleh anda coba.. Ada yang ingin menambahkan? Silakan bagi di kolom komentar, :D

Sekian dulu artikel dari saya…
Semoga Artikel ini berguna…


Read more: 10 CMS Terbaik 2012/07/10-cms-terbaik.html#ixzz2HelfRY6R
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !