Home » » Semana Santa 2014

Semana Santa 2014

Written By Unknown on Kamis, 03 April 2014 | 11.47

Semana Santa 2014 - Kota Larantuka, atau juga dikenal dengan Reinha Rosari, mempunyai prosesi unik bernama Semana Santa. Perayaan ini dilakukan pada Pekan Suci sebelum dirayakannya Hari Raya Paskah bagi umat Katolik. Prosesi ini dimulai dari hari Minggu Palma, hingga Minggu Paskah.

Dalam prosesi Semana Santa, dua patung suci -- yaitu patung Yesus Kristus (yang oleh orang lokal disebut Tuan Ana) dan patung Perawan Maria (yang oleh orang lokal disebut Tuan Ma) -- jadi pusat perayaan. Kedua patung tersebut dibawa oleh misionaris Portugis pada abad 16. Kedua patung ini hanya ditunjukkan kepada publik tiap hari Paskah.

Semana Santa 2014


Semana Santa diadakan di Reinha Rosari yang dianggap sebagai pusat penyebaran Agama Katolik di Indonesia, yang dimulai oleh para misionaris dari Portugal pada abad ke-16. Bahkan, Kota Larantuka ini mempunyai julukan "Serambi Roma". Kota Roma di Italia merupakan tempat beradanya Vatikan, pusat agama Katolik di seluruh dunia. Bukti-bukti penyebaran agama Katolik di Larantuka terlihat dari bangunan-bangunan seperti kapel dan gereja yang sudah berdiri selama lima abad.

Prosesi Semana Santa dimulai pada saat Jumat Agung dengan mengantar patung Tuan Menino (patung kanak-kanak Yesus) dari kapel Tuan Menino ke Kapel Pohon Sirih dengan menggunakan perahu. Selanjutnya diikuti dengan perarakan patung Bunda Maria untuk menjemput patung Yesus Kristus di kapel Tuan Ana. Kedua patung tersebut kemudian diarak menuju Katedral Larantuka. Setelah Misa Jumat Agung, dimulailah perarakan kedua patuh Tuan Ana dan Tuan Ma mengelilingi Kota Larantuka, melalui delapan titik perhentian kehidupan.

Semana Santa 2014

Para peziarah dengan khidmat mengikuti prosesi sambil membawa lilin dan mengenakan pakaian serba hitam sambil menyanyikan puji-pujian kepada Yesus dan Bunda Maria. Pakaian serba hitam melambangkan kesedihan umat manusia atas pengorbanan Yesus Kristus.

Prosesi yang sudah berlangsung selama lima abad ini menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Kamu juga bisa mengikuti paket untuk melihat dan mengikuti prosesi Semana Santa Larantuka.

Sumber : http://www.triptrus.com/event/semana-santa-2014
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !